Saturday, December 10, 2011

Cara Install Windows 8 Melalui USB Flashdisk

Cara Install Windows 8 Melalui USB Flashdisk Karena sebagian besar dari motherboard yang tersedia saat ini mendukung booting melalui USB, sekarang kita akan mencoba untuk menunjukkan cara menyiapkan USB flashdisk bootable untuk menginstall Windows 8, Meskipun banyak utilitas gratis yang tersedia untuk membuat USB flashdisk menjadi bootable (bisa booting layaknya CD/DVD), tapi kebanyakan utilitas gratis tidak bekerja dengan sempurna, kali ini kita akan menggunakan cara yang mudah dan simpel yang tentunya 100% bekerja yaitu menggunakan Command prompt saja.
Persyaratan :Windows 8 ISO atau DVD Windows 8, 4GB USB Flashdisk Sebuah PC dengan Windows Vista, Windows 7 atau Windows 8.Catatan: Harap Backup dahulu isi USB flashdisk kita, karena kita akan memformatnya kemudian.Langkah-Langkah
Cara Instal Windows 8 Melalui USB Flashdisk:Colokkan USB flashdisk kita ke komputer dan backup (simpan) dahulu file2 didalamnya jika ada ditempat lain.Klik Start -> All Programs -> Accessories klik kanan pada Command Prompt dan pilih Run as administrator untuk menjalankan Command Prompt dengan hak akses Administrator. Klik Yes kalo nongol jendela UAC.


    Kita dapat juga menjalankan perintah Command Prompt dengan hak akses Administrator melalui Start Menu – Search dengan mengetikkan perintah CMD kemudian diikuti dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Enter.
  1. Pada Command Prompt, ketikkan perintah berikut dan tekan Enter:
  2. DISKPART

    Kita akan melihat pesan yang muncul seperti berikut ini:
  3. Sekarang, ketik perintah LIST DISK dan tekan Enter, untuk melihat nomor disk USB flashdisk kita yang mana, dalam tutorrial berikut USB flashdisk saya ada dinomor 1. Periksa ukuran USB flashdisk berikutnya (lih gambar) untuk memastikan nomor USB flashdisk yang akan kita pakai.
  4. Seperti gambar diatas, dimana usb flashdisk nya ada di nomor 1 15GB, jadi pastikan DISKPART dapat mengenali USB flashdisk kita, jika ngga kedetect, cobalah cabut dan masukkan kembali USB flashdisknya kemudian ulangi langkah2 diatas.
    Sekarang ketikkan perintah berikut satu persatu diikuti dengan menekan tombol Enter.
    SELECT DISK 1  CLEAN CREATE PARTITION PRIMARY SELECT PARTITION 1 ACTIVE FORMAT FS=NTFS ASSIGN EXIT

    Sekarang kita telah membuat USB flashdisk kita bisa booting, Jangan tutup dulu jendela Command prompt nya, cukup kecilin, dan ikuti dulu langkah selanjutnya.
  5. Sekarang Mount lah file ISO windows 8 kita dengan memakai program Virtual CD/DVD seperti Virtual Clone Drive (gratis) atau Ultra ISO dll, jika ada DVD nya, masukin ke DVD-ROM DVD nya.
  6. Setelah kita mount file ISO nya, catat nama Drivenya (Misal Drive G:), karena kita akan mengcopy isi nya ke USB flashdisk kita nanti.
  7. Sekarang kita kembali ke jendela Command Prompt tadi dan jalankanlah perintah berikut:
  8. G: CD BOOT lalu tekan Enter (dimana G: adalah virtual drive yg telah kita bikin (mount))
  9. Ketik : BOOTSECT.EXE /NT60 J: ( dimana J: adalah nama drive USB flashdisk kita, dapat kita cek di my computer atau windows explorer)
  10. Sekarang bukalah windows explorer dan copykan semua isi file ISO yang telah kita mount tadi dengan memakai program Virtual CD atau ultra ISO dll, copy kan semua isinya ke dalam USB flashdisk kita. Jika memakai CD/DVD tinggal copykan saja semuanya kedalam usb flashdisk kita.
Demikian cara yang simpel untuk membuat USB flashdisk kita agar bisa booting layaknya CD/DVD disk, untuk menginstall windows 8.
Catatan: Pastikan pada settingan BIOS dikomputer kita prioritas boot pertama memakai USB Flashdisk.

source : http://www.hong.web.id/tutorial/cara-menginstall-windows-8-melalui-usb-flashdisksemoga artikel komputer tentang Cara Instal Windows 8 Dengan Flashdisk Bermanfaat buat sobat semua..
Title : Cara Install Windows 8 Melalui USB Flashdisk
Rating: 100% based on 99878 ratings. 5 user reviews.
Author : Laura Amanda

No comments:

Post a Comment